Sabtu, 06 Oktober 2012

Definisi Musik


Definisi Musik
Musik berasal dari bahasa Yunani, yaitu Mousikos.Kata ini diambil dari nama salah satu dewa Yunani yang bernama Mousikos. Mousikos dilambangkan sebagai dewa keindahan dan menguasai bidang kesenian dan ilmu pengetahuan.Musik dapat diartikan sebagai ungkapan perasaan yang dituangkan dalam bentuk bunyi – bunyian.
Ungkapan yang dihasilkan melalui suara manusia disebut Vokal,sedangkan unkapan yang dihasilkan melalui alat musik disebut instrumental.
Musik pada dasarnya adalah bunyi yang diungkapkan melalui ritme yang teratur dan melodi yang indah.Musik dapat menhadirkan gambaran latar belakang budaya suatu bangsa .Jangan sampai kekayaan buydaya yang yang tidak ternilai ini menjadi hak paten negara lain.
Hikmah musik
Pada umumnya syair lagu daerah mengajarkan berbagai hal, seperti mencintai sesama, mencintai alam, memiliki rasa nasionalisme serta rasa persatuan dan kesatuan. Belajar musik adalah suatu proses apresiasi yang panjang, teratur, disiplin, serta melal;ui tahapan – tahapan. Dalam melalui proses – proses yang panjang akan diperoleh pola pikir yang baik. Dengan pola pikir yang baik, akan diperoleh kemudahan dalam belajar musik. Musik bukan hanya sebagai media berekspresi dan hiburan, tetapi dapat digunakan sebagai sarana pendidikan, sumber inspirasi, bahkan sebagai profesi.     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate