Sabtu, 06 Oktober 2012

Lari pagi dan Kebugaran tubuh



Lari pagi
 Lari pagi, sebuah kegiatan olahraga yang banyak dipilihg masyarakat untuk menjaga kebugaran tubuhnya. Sesuai namanya, jenis lari ini dilakukan oleh masyarakat pada pagi hari, antara pukul 6 sampai 8 pagi. Setiap hari libur, terutama hari minggu, stadion atau alun – alun kota menjadi tujuan utama untuk melakukan olahraga ini. Masyarakat dari berbagai  golongan berlari mengelilingi alun – alun atau stadion. Mulai dari anak – anak, remaja, deawasa, dan golongan tua berbaur hanya untuk mengeluarkan keringat dari tubuhnya.
Kebugaran Jasmani
Pada dasarnya semua manusia dsangat menginginkan (kebugaran) jasmaninya tingginsehinga mampu melakukan pekerjaannya dengan efektif dan efisien. Kesegaran jasmani adalah kesanggupan  dan kemampuan tubuh melakukan penyesuaian terhadap pembebanan fisik yang diberikan kepadanya  tanpa merasakan kelelahan yang berati. Yang dimaksud dengan tidak menimbulakan kelelahan yang berarti yaitu selesai beraktifitas orang tersebut masih mempunyai semangat dan tenaga untuk melakukan kegiatan yang lainya.
Kebugaran tubuh dapat digolongkan menjadi 3, yaitu :
1.Kebugaran stastik, yaitu keadaan seseorang yang bebas dari penyakit dan cacat, biasa disebut sehat.
2.Kebugaran dinamis, yaitu kemampuan sese orang bekerja secara efisien yang tidak memerlukan keterampilan khusus, seperti berjalan, berlari, melomopat, dan mengangkat.
3.Kebugaran motoris , yaitu kemampuan seseorang bekerja secara efisien yang memiliki keterampilan khusus. Misalnya seseorang pelari dituntut memiliki ketrampilan teknik berlari yang benar agar menjadi juara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate