Senin, 08 Oktober 2012

Servis, dropshot, dan drive dalam Badminton


Pukulan servis
Pukulan ini merupakan pukulan untuk mengawali permainan bulu tangkis. Ada tiga macam pukulan servis yaitu sebagai berikut.
Servis Panjang biasa digunakan pada permainan tunggal, karena kok bias mencapai area dekatgaris belakang lawan dengan cara menukik tajam, lurus kebawah. Meskipun disisi lain, pukulan ini sedikit menguras tenaga.
Servis pendek sering digunakan dalam permainan ganda. Servis pendek dilakukan untuk menghemat tenaga, seolah – olah gerakannya hanya mendorong disertai dengan perpindahan berat badan dari belakang ke depan secara berirama. Gerakan pergelangan tangan dipakai untuk menentukan arah. Usahakan ketinggian kok sedekat mungkin ddengan net sehingga akan menyulitkan lawan saat mengembalikan kok tersebut.
Servis datar ialah pukulan yang sering digunakan dalam permainan ganda ini tidak mengutamakan kecepatan atau derasnya laju bola, akan tetapi yang paling penting adalh arah bola.

Pukulan dropshot
Dropshot atas. Cara memukul dropshot dari atas mempunyai posisi memukul yang hamper sama dengan pukulan lob atau smash. Namun, pada pukulan ini kok tidak dipukul dengan keras. Saat raket mengenai kok, tahan gerakan ayunan raket dan diarahkan secara curam ke depan sehingga kok tersebut jatuh ke titik dekat net.
Dropshot bawah. Pukulan ini mengarahkan kok ke daerah lawan yang jatuhnya sedekat mungkin dengan net. Misalnya digunakan untuk memukul kok yang berada di bawah badan agar jatuhsedekat mungkin dengan net di daerah lawan. Pukulan ini dapat dilakukan dengan forehand atau backhand.
Pukulan dropshot dari bawah mengandalkan ketrampilan gerak tangan dengan menjaga keseimbangan badan. Pukulan dropshot dari bawah dapat dilakukan dengan mendorong, memottong, maupun mengangkat kok setinggi net, lawan pun akan kesulitan mengembalikan bola.
Pukulan mendatar ( Drive)
Pukulan ini dengan cara memukul kok yang tinggi sedikit di atas pinggang, melewati tidak jauh di atas net menyusur sejajar lantai. Pukulan ini dapat dilakukan dengan forehand atau backhand.
Pukulan Forehand dilakukan dengan telapak tangan pada pegangan raket menghadap ke depan ke depan atau ke arah net. Menurut jenis pukulannya, pukulan forehand terbagi atas forehand,lob forehand,smash forehand, drop forehand. Menurut daerah perkenaan kok pada raket, pukulan forehand terdiri dari forehand bawah, forehand atas, forehand samping, dan forehand melingkar atas kepala.
Pukulan Backhand dilakukan dengan telapak tangan pada pegangan raket menghadap kebelakang. Menurut jenis pukulannya, pukulan backhand terbagi atas backhand servis, backhand lob, dan backhand drop. Menurut daerah perkenaan kok pada raket, pukulan backhand terdiri atas backhand bawah, backhand samping, dan backhand atas.

1 komentar:

Translate