Sabtu, 10 November 2012

10 Musisi Era Swing

1. Fletcher Henderson (1897-1952)

 Courtesy of ASV RekamanHenderson, seorang pianis, komposer, arranger, dan pemimpin band, memimpin salah satu band paling populer di New York pada tahun 1920 dan 30-an. Dia bertanggung jawab untuk mempekerjakan Louis Armstrong, membawanya ke Big Apple dari Chicago pada tahun 1924, dan dalam proses membuka kemungkinan kreatif dalam jazz. Benny Goodman jumpstarted band populer yang besar dengan beberapa pengaturan Henderson, dan di 40-an Henderson bergabung dengan kelompok untuk menjadi full-time arranger Goodman.Baca profil artis saya Fletcher Henderson.2. Duke Ellington (1899-1974)

 Courtesy of Columbia RecordsDianggap sebagai salah satu komposer paling penting dalam musik Amerika, Duke Ellington menjadi terkenal selama era ayunan, melakukan mingguan di Cotton Club New York. Dia memimpin band-nya selama beberapa dekade melalui dan melakukan perekaman, dan komposisi dan pengaturan, yang ditulis dengan anggota setia bandnya dalam pikiran, bereksperimen dengan perangkat harmonis dan formal yang dipelajari untuk hari ini. Banyak potongan dalam repertoar sekarang dianggap standar jazz.3. Coleman Hawkins (1904-1969)

 Courtesy of enja RekamanDengan nada yang unik Coleman Hawkins ', serak, dan komandonya improvisasi harmoni rinci, ia menjadi pemain saksofon tenor unggul di musik swing. Dia mengembangkan gayanya sebagai anggota big band Fletcher Henderson, dan kemudian melakukan tur dunia sebagai pemain solo. 1.939 rekaman Nya "Body and Soul" adalah salah satu improvisasi tengara dalam sejarah jazz. Pengaruh Hawkins 'berlangsung sepanjang munculnya bebop dan gaya kemudian, sebagai instrumentalis berusaha untuk meraih tingkat kecanggihan nya harmonis dan keahlian.4. Count Basie (1904-1984)

 Courtesy of Bluebird Record RCAPianis William "Count" Basie mulai mendapatkan perhatian ketika ia pindah ke Kansas City, sarang jazz, pada tahun 1929, bermain dengan big band Moten Bennie itu. Ia membentuk kelompok sendiri pada tahun 1935, dan mereka menjadi salah satu band paling populer di negeri ini, tampil di Kansas City, Chicago, dan New York. Gaya piano Basie adalah jarang dan tepat, dan komposisi nya yang bluesy dan meriah. Beberapa rekaman yang paling terkenal dibuat dengan penyanyi, termasuk Joe Williams, Ella Fitzgerald, Frank Sinatra, dan Tony Bennet.5. Johnny Hodges (1906-1970)

 Courtesy of Bluebird Record RCAHodges belajar sebentar dengan Sidney Bechet, yang mempengaruhi pemain saksofon alto manis itu, suara liris, dengan vibrato suara seperti cepat. Dalam 38 tahun karirnya dengan Duke Ellington orkestra, Hodges mengembangkan suara tanda tangannya, dan sering ditampilkan dalam band. Nada yang unik dan pendekatan untuk melodi telah membantu mendefinisikan saxophone liris bermain sepanjang perkembangan jazz.6. Art Tatum (1909-1956)

 Courtesy of Pablo RekamanSebuah bakat luar biasa, pianis Art Tatum adalah dari waktu ke depan. Meskipun tidak terkait dengan salah satu band ayunan besar, Tatum adalah keyboardist premier selama era ayunan. Dia bisa bermain piano langkah dalam gaya James P. Johnson dan Fats Waller, tetapi mengambil musiknya di luar konvensi jazz pada saat itu. Tekniknya itu spektakuler, dan ia dipekerjakan pengetahuan harmonik nya, dipelajari oleh telinga, untuk membangun garis elegan di tempo sangat tinggi. Keahlian dan inovasi harmonik menetapkan standar untuk musisi bebop pada 1940-an dan 50-an.7. Ben Webster (1909-1973)

 Courtesy of 1201 MusikWebster, bersama dengan Coleman Hawkins dan Lester Young, merupakan salah satu dari tiga raksasa dari saksofon tenor selama era ayunan. Sound-nya bisa menggeram dan kasar di up-tempo lagu, atau anggun dan sensitif pada balada. Terbaik dikenal untuk waktu yang dihabiskan di band Duke Ellington, di mana ia adalah solois tenor terkemuka selama sekitar delapan tahun, 1935-1943. Dia merekam versi dari "Cotton Tail" yang dianggap sebagai salah satu permata dari periode itu. Webster menghabiskan satu dekade terakhir hidupnya dan karirnya sebagai selebriti jazz di Kopenhagen, Denmark.8. Benny Goodman (1909-1986)

 Courtesy of Blue Note RecordsPutra imigran Yahudi miskin, klarinet Benny Goodman pindah ke New York dari Chicago pada akhir tahun 1920. Pada usia 30-an, ia mulai memimpin band untuk acara radio mingguan tari, yang ia beli beberapa pengaturan Fletcher Henderson. Dikreditkan dengan membuat musik musisi kulit hitam, seperti Henderson, populer di kalangan penonton putih, ia karena itu dianggap berperan dalam memperkuat dari musik swing. Dia juga dianggap sebagai salah satu clarinetists jazz terbaik sepanjang masa.9. Lester Young (1909-1959)

 Courtesy of Records VerveLester Young adalah pemain saksofon tenor yang menghabiskan masa kecilnya tur dengan band keluarganya pada berbagai instrumen. Dia pindah ke Kansas City tahun 1933, dan akhirnya bergabung dengan big band Count Basie, di mana nada hangat dan santai, pendekatan melodi pada tenor itu tidak sering diterima dengan baik oleh penonton yang terbiasa dengan suara, keras agresif Coleman Hawkins. Namun, gayanya menjadi sangat berpengaruh pada bermain Charlie Parker dan konsekwensinya pada bebop pada umumnya. Young dikenal untuk gaya pribadi eksentrik yang melibatkan tidak hanya bermain, tapi juga pakaian dan cara bicaranya. Julukannya, "Prez," diberikan kepadanya oleh Billie Holiday.10. Roy Eldridge (1911-1989)

 Courtesy of Classics Jazz AsliTrumpeter Roy Eldridge dipandang sebagai jembatan antara musik swing dan bebop. Coleman Hawkins sangat dipengaruhi dia, dan dia adalah seorang musisi dicari di New York, bermain di band-band besar yang dipimpin oleh Gene Krupa dan Artie Shaw. Kemahiran dan kemudahan dalam semua register dari terompet, serta garis waktu ganda melodi nya, menjabat sebagai model untuk musisi bebop, Gillespie terutama Dizzy.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Translate